Jumat, 04 Desember 2015

Pemimpin dan Hati Nurani

Hari ini langit mendung dan saya bersuka cita karena saya lebih suka suasananya, adem, dingin, dan tidak akan ada matahari yang membuat saya penuh peluh saat berjalan kaki.  Oooh…ternyata tidak hanya mendung, hujan turut menemaninya, walau tidak deras, dan tidak lama, tapi cukup membuat suasana teduh.

Semua berjalan baik, hingga saya membuka laman sebuah kampus di Jakarta yang mengadakan lomba menulis artikel dengan temaWe are The Future Leader sekonyong-konyong saya merasa tertegun sejenak, berpikir dan bertanya kepada diri saya sendiri, apakah saya sudah menjadi seorang pemimpin? Katanya, pemimpin itu tidak harus memiliki pengikut karena minimal seseorang itu dapat disebut seorang pemimpin bagi dirinya sendiri. Baiklah, jika saya memang adalah seorang pemimpin, apakah saya telah menjadi seorang pemimpin yang baik? Dalam tempo yang begitu cepat saya punya banyak pertanyaan di kepala dan tentunya ada sedikit-sedikit rasa sesal di dalam hati, mengapa di umur sekian rasanya saya masih berada di kondisi saya berada ini, mengapa saya tidak berbuat lebih sehingga saat ini saya sudah mencapai hal yang lebih. Selain pertanyaan, rasa sesal, muncullah rasa tidak puas akan apa yang telah saya lakukan dan saya capai. Walaupun mungkin apabila saya bercerita kepada teman-teman, mereka yang tahu saya lebih lama, mereka ada mengacungi jempol dengan pencapaian saya, menurut mereka apa yang saya capai adalah sudah termasuk luar biasa, namun hati kecil saya menyangkal dan berkata harusnya saya bisa berbuat lebih. Berhenti di situ sejenak.
Saya tertarik ikut dalam kontes menulis dengan tema We are The Future Leader  tidak untuk mendapatkan hadiahnya, namun lebih karena saya ingin tulisan saya dapat dibaca dan bermanfaat untuk teman-teman pembaca. Saya ingin menuliskan begitu banyak hal, tapi saya harus cukup tahu diri bahwa makin ke sini waktu orang semakin sedikit, sehingga rasanya tulisan tentang We are The Future Leader  tidaklah perlu dibuat panjang lebar dan rumit.
Kawan, saya pernah mendengar bahwa mereka yang sukses dan pada akhirnya lahir sebagai pemimpin yang benar-benar pemimpin adalah mereka yang memulai usaha mereka dengan niat membantu orang lain. Mereka memulai perjalanan kepemimpinan mereka dengan niat mulia bahwa mereka ingin menolong. Merekalah pemimpin yang memiliki hati nurani, tidak hanya pemimpin yang memikirkan diri sendiri dan keluarganya, atau bahkan kawan-kawan terdekatnya. Pemimpin yang baik adalah mereka yang rela berkorban untuk pengikut-pengikutnya, berani membela yang benar dan menghukum yang bersalah, dan berani juga bertanggungjawab atas kelalaian dan kesalahannya. Patut kita sadari, tidak lah mudah menjadi pemimpin karena pada hakekatnya tidak ada manusia sempurna, begitu pun pemimpin. Pemimpin, atau seseorang yang pada akhirnya bergelar pemimpin pastinya pernah juga mengalami pengalaman buruk atas kelalaian dan kesalahannya tadi, atau secara tidak langsung pengalaman yang dialaminya dan mau tidak mau membuatnya terlibat dalam sebuah masalah. Inilah yang kemudian membedakan, bagaimana menghadapi masalah sebagai bagian dari pengalaman hidup, apakah sekedar disesali atau kemudian diambil pelajarannya untuk menjadikan dia seorang yang lebih baik, karena seorang pemimpin pun harus mampu merendahkan hatinya dan mau berintrospeksi diri. Untuk semua itu, bercermin diri, introspeksi diri, tidak memikirkan diri sendiri, rela berkorban untuk pengikut pastinya, berani membela yang benar dan menghukum yang bersalah membutuhkan hati nurani. Marilah kita masing-masing melihat hati nurani kita. Mari kita mulai dari diri sendiri, berusaha menjadi individu yang lebih baik sehingga orang-orang di sekitar kita pun merasakan kebaikan yang kita miliki, dari situ barulah pelan-pelan kita berusaha membantu mengurangi beban orang lain, baik dengan ucapan, tulisan, pergerakan tangan,  hingga pergerakan yang lebih besar yang dimulai dari hati nurani. In shaa Allah dengan niat baik dan diawali dari hati nurani, akan muncul pemimpin-pemimpin baru yang mampu memajukan bangsa ini, tidak hanya dari segi materi dan ekonominya, juga jiwanya.
Salam semangat dari saya, semoga tidak hanya ilmu dan harta yang berlimpah yang kita miliki, tapi juga hati yang luas dan jiwa besar yang siap membawa bangsa ini menjadi lebih dari yang dicita-citakan pemimpin kita terdahulu.
Jakarta, 11 Maret 2014
Adelina Fauzie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar